Rata-rata range pergerakan harian mata uang

Posted by Insomniser 0 comments
matauang Rata rata range pergerakan harian mata uang
Rata-rata range pergerakan harian mata uang tergantung dari pada mata uang itu sendiri. Besar kecilnya biasanya dipengaruhi oleh aktifitas transaksi ataupun volume transaksi terhadap mata uang tersebut.Kali ini kita akan membahas 5 pasangan mata uang yang paling aktif ditransaksikan di dunia yang lawan mata uangnya adalah USD sebagai tolok ukur mata uang dunia yakni : EUR/USD, GBP/USD, AUD/USD, USD/JPY dan USD/CHF. Kelima mata uang ini hampir dikatakan sangat volatil pergerakannya dan tidak pernah sepi dari transaksi kecuali di hari libur bank masing-masing mata uang atau hari libur dunia.

Tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada teman saya Lie Adiputera yang mengusulkan untuk membahas masalah Rata-rata range pergerakan harian mata uang ini. Sebelumnya, kita sedikit membahas mengenai pasangan mata uang. Bagaimana cara membaca nilai suatu pair dengan pembandingnya? Untuk lebih memudahkan kita, ada cara yang sangat simpel yakni mata uang yang pertama di sebutkan nilainya adalah 1 (satu) sedangkan mata uang yang kedua (pasangannya) adalah nilainya. Misalnya EUR/USD = 1.3100, jadi cara membacanya adalah 1 Euro = 1.3100 USD. atau lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini :

pair Rata rata range pergerakan harian mata uang

Cukup jelas kan? Ok. kembali ke topik, Untuk rata-rata pergerakan harga masing-masing pair ada beberapa yang hampir sama dan ada pula yang berbeda namun semua ini sifatnya relatif, kita hanya memperhatikan kecenderungannya sebagai patokan kapan kita akan melakukan Take Profit untuk sebuah mata uang. Berikut ini Tabelnya :

rata ratapergerakanmatauang Rata rata range pergerakan harian mata uang

Dengan melihat tabel di atas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa setiap mata uang memiliki karakter sendiri dan kecenderungan pergerakannya tiap hari, ini mengikuti banyaknya volume transaksi yang terjadi dan tidak terlepas dari hukum ekonomi yaitu hukum permintaan dan penawaran.

Jika anda bisa mencermati Rata-rata range pergerakan harian mata uang di forex, anda bisa mentaktisi hal ini dengan menghitung range pergerakan sementara yang terjadi pada sebuah mata uang pada hari ini dengan menghitung selisih harga tertinggi (High) dan terendah (Low). Caranya tekan kedalam scroll pada mouse anda dan letakkan pada harga terendah lalu klik kiri dan geser ke harga tertinggi anda akan menemukan ranges hari ini. seperti pada gambar berikut :

rangespair Rata rata range pergerakan harian mata uang

Atau untuk lebih memudahkan anda, boleh menggunakan indikator Range Harian. Sehingga semuanya akan tampil secara otomatis, silahkan download indikatornya di sini. Untuk cara instalnya silahkan baca postingan tentang cara menginstal indikator, template dan EA di postingan sebelumnya. Tampilannya kurang lebih seperti ini :

RangeharianGBPUSD Rata rata range pergerakan harian mata uang

Manfaat dari mengetahui Rata-rata range pergerakan harian mata uang ini adalah anda bisa mengambil posisi Pending Order (PO) yakni Stop Order di harga tertinggi dan terendah jika memang range pada hari ini masih di bawah batas normal. misalnya di Pair EUR/USD dengan Ranges harian 80-120, sementara ranges hari ini masih dikisaran 40 pips, anda boleh memasang Buy stop di high dan Sell stop di Low dengan pertimbangan bahwa pair tersebut masih berpeluang memenuhi range hariannya. Nah itulah manfaat yang dapat kita peroleh dari mengetahui Rata-rata range pergerakan harian mata uang.
Adsense Content. bottom of article

0 comments:

Post a Comment